11 Manfaat Asuransi Perjalanan

0
1852
(Foto : blog.skymed.com)

Bello.id – Meski rencana perjalanan sudah disusun hingga detail, yang namanya musibah tetap merupakan peristiwa yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya.

Ketika hal tersebut terjadi, kerugian materi nyaris tak terhindarkan. Di sinilah kamu memerlukan asuransi perjalanan sebagai langkah antisipasi jika terjadi musibah selama kamu melakukan perjalanan.

Seperti halnya asuransi lainnya, asuransi perjalanan berfungsi sebagai salah satu bentuk perlindungan.

Bedanya, asuransi perjalanan hanya berlaku selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga pulang ke rumah.

Berbagai varian asuransi perjalanan menawarkan beragam manfaat dan perlindungan yang tentunya dipengaruhi oleh premi yang dibayarkan. Namun secara umum, berikut jenis-jenis manfaat yang ditawarkan oleh asuransi perjalanan:

  1. Kecelakaan

Asuransi akan membayarkan sejumlah uang untuk kelumpuhan, kehilangan anggota badan hingga kematian akibat kecelakaan yang terjadi selama perjalanan.

2. Penutupan ganda

Santunan akan digandakan jika kecelakaan terjadi saat berada di pesawat terbang komersil terjadwal.

3. Biaya pengobatan darurat

Ketika kamu jatuh sakit saat sedang melakukan perjalanan dan membutuhkan pengobatan segera yang membutuhkan biaya pengobatan yang mahal, asuransi siap membayarkannya.

4. Pemulangan jenazah

Asuransi yang menanggung hal ini biasanya menawarkan beberapa alternatif, yaitu  penggantian biaya pemulangan jenazah atau kremasi atau penguburan di lokasi terjadinya musibah.

5. Manfaat perawatan anak dan kunjungan duka

Manfaat ini berlaku bagi kerabat atau keluarga yang diperlukan untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama kamu selama dirawat di lokasi yang jauh dari tempat tinggal travelers.

6. Evakuasi medis

Merupakan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat yang dapat berlaku di seluruh dunia.

7. Kerugian terkait perjalanan

Merupakan perlindungan terhadap kasus-kasus seperti penundaan perjalanan (untuk keterlambatan lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang terjadi di luar kekuasaan pemegang polis, hingga biaya akomodasi, makanan dan minuman yang timbul akibat keterlambatan penerbangan.

8. Pembatalan perjalanan

Merupakan penggantian biaya pembatalan perjalanan karena keadaan darurat. Misalnya jika mendadak sakit yang menyebabkan kamu tidak dapat melakukan perjalanan yang sudah dibayarkan tiketnya, maka kamu dapat mengajukan klaim dengan menyertakan surat dari dokter.

9. Pertanggungan orang ketiga

Asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan kepada orang yang tak sengaja kamu celakai selama melakukan perjalanan.

10. Bagasi dan barang pribadi

Merupakan penggantian kerugian akibat kehilangan atau kerusakan bagasi maupun barang yang kamu akai selama perjalanan.

11. Perlindungan rumah

Merupakan penggantian atas segala kerusakan atas isi rumah akibat kebakaran selama perjalanan dilakukan.

Tentu tidak semua hal dapat dilindungi oleh asuransi perjalanan. Beberapa hal seperti bencana alam, perang,  larangan pemerintah, resiko kehilangan barang berharga, serta kecelakaan saat melakukan olah raga ekstrem, merupakan hal-hal yang tidak ditanggung oleh asuransi perjalanan.

Untuk itu, kamu perlu memahami sedetil-detilnya sebelum membeli produk asuransi perjalanan.

Meski terkesan remeh dan kurang mendesak, namun manfaatnya akan sangat diperlukan karena kita tidak pernah tahu kapan musibah akan terjadi.