10 Soto Paling Enak dari Indonesia

0
4584
Soto Betawi (Foto : okeresep.com)

Bello.id – Soto memang istimewa dan hampir bisa dinikmati oleh semua kalangan. Rasanya, setiap traveling ke suatu daerah kita bisa menemukan kuliner soto.

Bahkan tak hanya soto dari daerah setempat. Misalnya saat sedang berada di Malang kita bisa menemukan Soto Betawi, atau di Bandung kita bisa menemukan Soto Padang.

Setiap daerah punya cita rasa soto yang berbeda. Nah, dari beragam soto yang ada di Indonesia, 10 soto ini punya tingkat kepopuleran yang tinggi lantaran rasanya yang juara. Soto apa saja?

  1. Soto Betawi

Kuah santan ditambah daging serta potongan paru yang gurih membuat Soto Betawi begitu nikmat di lidah. Rempah seperti pala, cengkih, dan kapulaga menjadi rahasia di balik aroma dan cita rasanya yang khas.

2. Soto Lamongan

Yang khas dari Soto Lamongan adalah koya. Koya merupakan bumbu bawang goreng garing yang dicampur dengan kerupuk udang lalu dihaluskan. Soto tanpa santan ini semakin nikmat dengan suwiran ayam kampung di dalamnya. Sangat cocok untuk santapan makan siangmu.

3. Soto Medan

Suwiran ayam, ditambah potongan kentang dan telur yang disiram kuah santan beraroma daun serai membuat Soto Medan terasa maknyus. Lengkapi kelezatannya dengan emping.

4. Soto Padang

Seperti kuliner dari Padang lainnya, Soto Padang bisa kita temui di banyak daerah di Indonesia. Kuah kaldu sapi dengan berbagai rempah bersama potongan daging sapi goreng menjadi ciri khas soto ini. Tambahkan perkedel agar santanpanmu semakin mantap.

5. Soto Kudus

Siapa tak kenal Soto Kudus?Soto Kudus dapat dinikmati dalam dua jenis, yaitu bersama potongan daging ayam dan daging kerbau. Berbeda dengan soto-soto sebelumnya, Soto Kudus disajikan dalam mangkuk berukuran kecil.

6. Soto Banjar

Soto yang berasal dari racikan masyarakat Suku Banjar di Kalimantan ini rahasianya ada pada rempah cengkeh, biji pala, dan kayu manis. Potongan aya, daging ayam, dan telur menjadi isi dari soto ini. Soto Banjar semakin nikmat disantap bersama lontong.

7. Soto Makassar

Sering disebut juga dengan Coto Makassar. Kenikmatan coto khas Kota Angin Mamiri ini terletak pada rempah-rempah, seperti jinten, ketumbar, serai, serta lengkuas. Semakin menggugah selera karena di dalamnya ada daging sapi yang empuk serta isian jeroan sapi, seperti hati, jantung, usus, limpa, babat, dan daging iga sapi.

8. Soto Madura

Soto Madura terkenal dengan isiannya yang banyak, seperti babat, usus, dan paru sapi. Tambahan soun, telur rebus, dan irisan kol membuat soto ini kian gurih.

9. Soto Bandung

Kuah bening dengan irisan lobak menjadi ciri khas Soto Bandung. Potongan daging sapi serta kacang kedelai membuat soto ini begitu gurih. Lengkapi santapanmu dengan perkedel kentang atau singkong.

10. Soto Mie Bogor

Tak ada yang bisa menyangkal gurihnya Soto Mie Bogor ini. Sesuai namanya, isian utama soto ini adalah mie kuning. Sajian ini dilengkapi dengan daging sapi dan risoles. Karena sudah tergolong makanan berat, kita tidak perlu menambahkan nasi atau lontong untuk menyantapnya.

Baca Juga

Wisata Kuliner di Bukittinggi

6 Kuliner Makassar yang Menggugah Selera

Liburan ke Banyuwangi, Cobain 5 Kuliner Enak Ini